Selasa, 17 November 2009

tongkat estafet

Temans;

mmm melihat banyak teman-teman muda yang memiliki kapasitas ruuaarrr biasa dan semangat, bikin hati jadi deg-deg an, seneng campur aduk deh. kalo orang bilang, salah satu kelemahan negeri ini adalah terlambatnya kaderisasi (hihi bukan cuma kader partai lho ya) atau regenerasi - ato tongkat estafet.
kalo dah tahu yah dikejar donk (biasanyanya kalo estafet kan kudu sprint ya bukan marathon) and jangan lakukan kesalahan yang sama. But HOW?@$#

Minggu ini ada pelatihan untuk pelatih tentang group lending. hihi seru ... ada senior, tapi ada juga juniornya. and u know what? keknya ada beberapa hal yang bisa menjawab hownya:
1. Persiapan dan tetapkan tujuan bersama, mau kemana - we are going to the same direction, YES!
2. Semangat kebersamaan (saling membantu) - yang penting semangatnya dulu deh
3. Memberikan kesempatan - perlu kebesaran hati nih untuk memberikan kesempatan pada yang muda. hidup adalah pilihan! ya ngak?
4. Belajar bersama - yang seniorkan biasa identik (meskipun tidak selalu) dengan pengetahuan dan pengalaman lebih dari si junior. tapi junior (biasanya) punya ide2 kreatif dan inovatif yang bisa menguntungkan. kuduna mah jadi klop kan
4. Siap siaga - namanya baru belajar manggung, kayak anak baru belajar jalan, kan biasa kalo tertatih ato terjatuh. kalo ngak jatuh kan ngak belajar. tugas senior adalah terus mengingatkan dan memberikan semangat, help them from the back, kalo masih belum berhasil, baru "jump-in"
5. Respect - wuih rasanya ini kudunya malah harus di nomor satu ya?@#$
6. liat dan kaji - lakukan terus menerus sebagai siklus untuk memberbaiki, bukan untuk mencari-cari kesalahan.

btw ... itu diatas bukan teoritical lho! sekedar pengamatan saya dari dinamika selama pelatihan ini.
jadi ketularan virus semangat nih! twink wink wink

Tidak ada komentar:

Posting Komentar